Informasi Sejarah Perkembangan Sepak Bola Dunia dan Indoneisa

 

Siapa yang tidak kenal akan permainan sepak bola? Olahraga paling populer ini diminati oleh banyak sekali kalangan dari yang mudah hingga tua dari yanng wanita hingga pria. Namun siapa yang tau tentang sejarah sepak bola di Dunia ini? Nah kali ini olx-game ingin mencoba untuk mengulas sejarah tentang dunia sepak bola yang ada di Dunia.

Sejarah Awal Sepak Bola

Berawal dari Tiongkok sekitar 300 tahun sebelum masehi permainan ini mulai ada. Bermain seuatu benda bulat dengan menggunakan kaki adalah inti dari permainan sepak bola ini. Kemudian berkembang di Jepang dan beberapa negara lainnya salah satunya adalah Itali. Seiring berjalannya waktu kemudian dunia sepak bola berkembang pesat di Inggris dan disinilah ditetapkan sebagai olahraga dengan berbegai peraturan-peraturan resmi untuk dunia.

Pembentukan Peraturan Sepak Bola

Olahraga sepak bola ini sempat dilarang di berbagai negara karena dalam penyelenggaraannya sering menyebabkan perkelahian dan kekacauan. Namun dengan banyak perkembangan dari segi peraturan maka mulailah olah raga sepak bola ini berkembang secara modern sekitar tahun 1800-an. Waktu ini berbagai pihak terkait berkumpul dari berbagai negara untuk membentuk peraturan-peraturan baku yang digunakan dalam pertandingan sepak bola hingga saat ini.

FIFA lahir pada tahun 1900 an. Dengan adanya FIFA ini maka perkembangan sepak bola di seluruh belahan Dunia cepat sekali menyebar dan berkembang pesat yang salah satunya di negara kita Indonesia juga sekitar tahun 1900-an

Masuknya Sepak Bola Di Indonesia

Sejarah mencatat bahwa ditahun 1930 an sepak bola masuk negara Indonesia. Waktu itu Indonesia masih dibawah kekuasaan Belanda. Sepak bola jaman itu juga berdiri berdasarkan pola pikir negara Belanda dan Cina.

Kemudian di tahun 1930-an terbentuk PSSI yang masih ada hingga saat ini. PSSI sangat berperan penting dalam sejarah perkembangan sepak bola di Indonesia. PSSI dibentuk di Jogjakarta dan diketuai oleh seorang tokoh terkenal Soeratin Sosrosoegondo.

Pada tahun 1938 Indonesia pernah masuk ke final piala Dunia, ini adalah suatu prestasi yang asangat membanggakan. Berjalannya waktu persepakbolaan Indonesia jaman dahulu mengalami perkembangan yang sangat signifikan terbukti dengan kemenangan dengan negara-negara lainnya dari tahun ke tahun era ke era

pemain sepak bola indonesia jaman dulu
  • 1950-an sepak bola di Indonesia mengalai kemajuan yang sangat pesat terbukti dengan lolosnya ke olimpiade Melbourne tahun 1956.
  • 1956 waktu itu Indonesa masuk ke perempat final dan bertemu dengan pemain terkenal dunia dari Uni Soviet. Hasil yang didapatkan juga cukup memuaskan dengan hasil skor kosong kosong / 0-0.
  • 1958 sepak bola Indonesia berhasil mengalahkan China.
  • 1958 sepak bola Indonesia meraih juara 3 piala dunia setelah mengalahkan India 4-1
  • 1966 sepak bola Indoensia berhasil mendapatkan mendali perak di Asian Games
  • 1967 pemain sepak bola Indonesia banyak yang masuk kedalam team inti skuat Asia All Starts
  • 1972 sepak bola Indonesia memenangkan juara satu piala Sukan di Singapura setelah mengalahkan team dari Uruguay Amerika Latin. Indonesia juga menduduki sebagai team terkuat di Asia jaman itu
Demikain sekilas mengenai sejarah dan perkembangan sepak bola dunia yang masuk dan berkembang di Indonesia.

No comments:
Write komentar

Popular Posts