Permainan Olahraga Bola Voli

 

Olahraga yang satu ini memang tidak akan asing lagi di telinga kita. Bahkan di televisi juga sangat banyak yang menayangkan perlombaaan permainan ini antar antar negara. Olahraga ini harus menggunakan 2 tim dengan masing-masing tim memiliki 6 pemain, apa itu? Ya olahraga bola voli namanya. Kali ini olx-game akan memberikan sedikit informasi untuk menambah pengetahuan anda semua tentang olahraga yang satu ini.

Sejarah Permainan Voli

Dari sumber yang terpercaya didapatkan informasi bahwa olahraga bola voli ini berasal dari Amerika tepatnya di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Siapa penemu voli? Jawabannya yaitu William G. Morgan. Pada waktu itu beliau adalah seorang instruktur jasmanai terkenal disana. Beliau berasal dai New York dan lahir pada tahun 1870 an. Awal mula bola voli ini bernama Mintonette. Sekedar informasi saja bahwa mintonette ini ada 4 tahun setelah diciptakannya olehraga bola basket yang mana juga berasal dari James Naismith seseorang yang juga sama lulusan dari Springfield College of YMCA.

Awal terciptanya ide permainan bola voli ini yaitu dari menggabungkan antara 4 permainan yang sudah ada sebelumnya yaitu basket, baseball, tenis, dan bola tangan. Kapan nama montinette berubah menjadi voli? Ini terjadi pada tahun 1896, waktu itu kepala dari Department of Physical Education of the International Committee of YMCA memohon kepada William G. Morgan untuk memratekkan permainan tersebut di kampusnya yang baru. Berwal dari ari situlah permainan montonette ini berubah nama menjadi bola voli.

Setelah beberpaa tahun berlangsung permainan voli ini semakin dikenal dan dicintai oleh banyak kalangan baik muda dan tua. Untuk pertama kalinya diadakan turnamen voli terbesar yaitu di Polandia pada tahun 1947. Semakin berkembangnya olahraga volly ini maka dibentuklah federasi bola dunia yang bertempatkan di Paris pada tahun 1984 dengan anggota sebanyak 15 negara besar.

Persyaratan Agar Bisa Bermain Voli

Ada beberapa perlengkapan dan pastinya anggota agar bisa menjalankan permainan voli ini. Olahraga bola voli ini dilakukan dengan 2 tim dan masing-masing memiliki 6 orang ketika bertanding satu dengan lainnya. Voli ini bisa dilakukan dimana saja, baik dalam indoor ruangan maupun outdoor atau luar ruangan.

Lapangan, dengan ukuran 9 x 18 meter dengan garis tepi sekitar 5 cm, bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

gambar lapangan bola voli


Net atau jaring, yang berfungsi sebagai batas antara satu lawan dengan lainnya. Net ini berukuran tinggi net 2.43 meter untuk kelas putra dan tinggi 2,24 untuk kelas putri. Jadi setiap lawan harus melewatkan bola voli dari net tersebut ke kotak lawan yang sudah ditentukan.

net atau jaring voli


Bola voli, bola yang standar biasanya lebih kecil dari bola basket ataupun bola sepak. Untuk bola voli ini memiliki ukuran standar yaitu keliling lingkaran 65-67 cm dan beratnya 260-280 gram.

bola voli


Wasit dan peluit, biasanya berada di kursi tinggi sejajar dengan tinggi net agar bisa melihat dengan jelas jika ada point ataupun pelanggaran mengenai netting.

wasit pertandingan voli


Hakim garis, ini berfungsi untuk membantu wasit utama untuk melihat apakah bola voli keluar atau masuk dalam kotak batas lawan.

wasit garis voli


Pemaian, pastinya harus ada pemain agar bisa memainkan olahraga voli ini. Seperti yang telah disinggung diatas dibutuhkan 2 tim dan masing masing tim memiliki 6 orang pemain dan pemain cadangan setiap tim berjumlah maksimal 4 orang. Penataan posisi pemaian pada umumnya yaitu 3 orang didipan dan 1 orang ditengah dan 2 orang lagi dibelakang. Setiap pemain bebas melakukan perpindahan setelah pertandingan dimulai, Namun ketika ingin mengawali dengan servis pemain harus bergeser 1 posisi ke posisi yang berada di kanannya (melingkar searah jarum jam)

pemain olahraga voli


Hitungan skor yang biasa digunakan yaitu dengan batas 25 rally point. Dimana setiap lawan yang tidak bisa menangkap bola dari kita maka kita akan mendapatkan nilai 1 poin dan juga setiap lawan yang mengawali servis bola namun bola tersebut melampaui batas aman kotak kita maka kita akan mendapatkan 1 poin.

Pertandingan voli ini biasanya dilakukan sebanyak 3 babak, yaitu utntuk menentukan pemenang pertandingan jika ada nilai seri dalam 2 babak pertandingan terakhir. Jika dalan 2 babak salah satu tim selalu menang , maka tidak perlu diadakan pertandingan babak yang terakhir.

Peraturan dan Tata Tertip Pertandingan Voli

Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi agar pertandingan ini bisa berjalan lancar dan menghindari dari ketidak adilan. tata tertip diantaranya:

  1. Anggota tubuh pemain dilarang menyentuh net / jaring
  2. Pemain dilarang menginjak garis tengah bawah net
  3. Bola yang melambung keluar dari garis batas tidak akan dinyatakan out jika belum menyentuh dasar
  4. Semua pemain harus berada dalam lapangan ketika serve dilakukan
  5. Bola akan dihitung sah selain memantulkannya menggunakan kaki
  6. Penilaian dengan menggunakan metode skor 25 rally point
  7. Kedua tim akan bertukar tempat jika masuk ke babak selanjutnya
  8. Tame out hanya diperbolehkan 1 kali di setiap babak dengan batas waktu tame out selama 1 menit

Trip Dan Teknis Dalam Bermain Voli

Servis, ini adalah tanda permainan dimulai. Dimana dari satu tim memukul bola dari luar garis dengan tujuan memasukan bola tersebut ke kotak lawan. Servis ini bisa dilakukan dengan memukulnya dari bawah atau memukulnya dari atas seperti saat smash.

servis voli


Passing, ini bertujuan untuk menghantarkan bola dari tangan satu ke tangan satunya baik kawan maupun lawan (biasanya untuk kawan). Passing ini bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu passing bawah dan passing atas. Untuk pasing bawah dilakukan dengan 1 atau 2 tangan yang mengepal sama rata dan memantulkan serta mengarahkan bola ke orang yang akan kita tuju. Untuk passing atas kita gunakan kekuata dan kelenturan jari kita untuk mengarahkan bola. Biasanya untuk passing bawah dilakukan di pantulan bola 1 dan pasing atas dilakukan di pantulan bola ke 2 sebelum pantulan terakhir ke 3 yaitu smash. Dalam pertandingan voli hanya bisa melakukan pantulan 3 kali untuk membawa bola menuju ke kotak lawan.

passing atas voli passing bawah voli


Samsh, ini merupakan gong yang ditunggu-tunggu di setiap pertandingan. Smash ini harus dilakukan dengan keras dan terarah agar bisa menciptakan nilai atau point. Lagipula smash merupakan senir tertinggi dalam sebuah olehraga voli. Bagi siapa yang bisa melakukan smash dengan baik dan terarah pasti akan menjadi sorotan dan perbincangan penonton waktu melihatnya.

smash bola voli


Bloking, ini adalah suatu teknik dalam voli yang dilakukan untuk membendung atau menghalangi bola untuk masuk ke dalam lapangan kota kita. Biasanya bloking ini dilakukan 1-3 orang sekaligus guna menghalangi smash dari lawan.


Demikianlah sedikit informasi tentang olahraga bola voli yang dapat olx-game berikan untuk anda. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk pengetahuan anda. Baik untuk PR sekolahan ataupun bagi anda yang memang benar-benar pemain bola voli.

No comments:
Write komentar

Popular Posts