Permainan Petak Umpet Untuk Anak Kecil

 

Dunia anak-anak tidak akan jauh dengan kebahagiaan, keceriaan, dan sukacita. Tidak lain dan tidak bukan bisa dikatakan dunia anak kecil sangat erat dengan sebuah permaianan atau game. Banyak sekali permainan yang ada di dunia ini baik permainan langsung atau permainan di dunia maya. Kali ini OLX game akan memberikan informasi tentang permainan untuk anak kecil yang paling seru dan menegangkan, permainan itu adalah Petak Umpet.

Manfaat Game Petak Umpet

Petak umpet merupakan permainan yang mungkin saat ini kurang dimainkan bagi anak-anak. Namun bukan berarti permainan ini tidak seru. Game ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak dikarenakan:
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Menantang rasa takut
  • Melatih ketelitian
  • Melatih kecepatan
  • Melatih Tanggung jawab
  • Dan menumbuhkan rasa sosial sejak dini.
Dalam permainan petak umpet ini, banyak manfaat positif yang bisa kita ambil. Sebelum kita membahasnya mari kita lihat cara kerja dari permaianan petak umpet itu sendiri.

Aturan Main Petak Umpet

"Permainan ini dilakukan oleh minimal 2 orang, diawali dengan melakukan suit / pingsut / hompimpah untuk mentukan siapa yang menang dan kalah, biasanya yang kalah akan menjadi sang penjaga. Kemudian yang kalah harus menutup mata di titik utama sambil menghadap ke sesuatu yang tidak bisa tembus pandang seperti tembok, pintu, pohon dan lainnya. Sambil menutup mata si penjaga juga harus menghitung standarnya 1-10 hitungan. Sambil hitungan dimulai untuk yang menang suit tadi harus bersembunyi sebaik mungkin agar tidak mudah ditemukan oleh si penjaga. Setelah hitungan selesai sampai 10 maka sang penjaga harus segera mencari dan menemukan si lawan. Target utamnya yaitu kecepatan dalam memukul tempat pertama kali penjaga memejamkan mata / titik utama, misal penjaga memejamkan mata di pintu sebagai titik utamanya, maka ketika permainan itu dimulai semua pemain harus cepat memukul tepat di titik sang penjaga tutup mata. Bagi yang menjaga, dia akan menang jika pertama melihat lawan lalu menyebut namanya dan memukul titik utama. Yang kalah adalah dia yang bisa ditemukan sang penjaga dan kalah dalam memukul titik utama"

Seru bukan permainan Petak Umpet ini? ya memang harus membutuhkan konsentrasi kecepatan dan ketelitian dalam permainan ini. Setiap peserta harus selalu waspada dan percaya diri agar bisa memenagkan permainan petak umpet tersebut.

Permainan ini juga akan melatih untuk menghilangkan rasa takut, jika peserta permainan petak umpet ini takut maka hasil yang dia dapatkan juga tidak maksimal. Selain itu tanggung jawab adalah modal penting dalam permainan ini, apalagi bagi sang penjaga titik utama. Pastikan lawan tidak merebut titik utama dari anda. Dan yang pasti permainan petak umpet ini biasanya dilakukan oleh banyak orang agar ramai, ini akan menambah rasa kepedulian dan secara tidak langsung melatih sosial kita kepada sesama.

Demikianlah sedikit tentang gambaran permainan petak umpet yang biasanya dilakukan oleh anak kecil di berbagai tempat. Permainan ini bisa dilakukan di berbagai tempat baik kota, desa, hutan, gedung, dan lainnya. Yang pasti tepat hati-hati apalagi ketika anda berlaru menuju titik utama, pastikan semuanya aman.

Ilustrasi Petak Umpet Dalam Bentuk Gambar

1. Hompimpah / pingsut menentukan siapa yang manang dan kalah



2. Yang kalah masang menjaga titik utama



3. Yang menang bersembunyi sebaik mungkin



4. Pencarian dimulai



5. Jika sudah bertemu lawan, berlarilah untuk memukul titik utama, siapa cepat dia menang 


Masih banyak permainan anak kecil yang seru dan menyenangkan di OLX game ini. silahkan cari permaiann sesukamu dan mainkan bersama teman-temanmu.

No comments:
Write komentar

Popular Posts